Weather (state,county)

Breaking News

CARA MUDAH MENGGUNAKAN FUNGSI HLOOKUP PADA EXCEL

Sobat Blogger ,  pada komtipstrik.blogspot.com kali ini kita akan membahas Fungsi yang sering kali digunakan oleh sobat blogger , yaitu Fungsi HLOOKUP , mari kita refresh lagi apa itu fungsi HLOOKUP.

HLOOKUP adalah Fungsi yang dapat menampilkan data dari sebuah Table yayng disusun dalam format mendatar atau horizontal, syarat penyusunan table, data pada baris pertama harus berdasarkan urutan dari kecil ke Besar/Menaik, Misal urutan Angka, atau huruf A-Z , jika anda menyusun data secara Acak , urutkan data dengan mengaktifkan menu Data-sort, pilhan Ascending.

pada saat kita akan meggunakan HLOOKUP ini sobat harus menentukan INDEX 
INDEX yang dimaksud adalah suatu Nomor Urut atau Kode atau kombinasi Numerik dan Alfa yang pada data tersebut ada di data yang berbeda.

untuk lebih mudahnya sobat bisa memperhatikan contoh berikut,

dari Contoh di atas Nilai Ujian adalah LOOKUP_VALUE yang berada di D9, kemudian C13:G15 adalah yang diberi Baris merah , sehingga cara kerja dari Contoh diatas pada Kolom Huruf ( dengan rumus " =HLOOKUP(D9,C13:G15,2) ") berarti rumus membaca Cari pada table C13 sampai G15 nilai yang setara dengan 90 atau mendekati dari nilai 90 Kebawah , maka tampilkan Yang berada pada Baris 2 , dan hasilnya adalah "B" yang berada pada angka 85.
pada kolom Keterangan juga memiliki Rumus yang sama , hanya saja pada akhir rumus berbeda yaitu Rumus diminta untuk menampilkan data yang beradadi Baris 3 Maka hasilnya adalah "Baik"

Cukup mudah kan sobat, selamat mencoba, jika bermanfaat share ya sobat....

Tidak ada komentar