Weather (state,county)

Breaking News

CARA MUDAH MENGGUNAKAN FUNGSI MATCH DI EXCEL

Sobat bloger , setelah kita membahas mengenai HLOOKUP , LOOKUP dan fungsi lainnya , kali ini kita akan membahas fungsi Excel yang berupa Mencocokkan dengan persis data atau MATCH
Pada fungsi MATCH ini sebelumnya kita harus mengetahui fungsi ini adalah menampilkan posisi sauatu alamat sel yang ditetapkan sebelumnya yang terdapat dalam sekelompok data.
fungsi ini hampir sama dengan fungsi LOOKUP dimana cara kerja fungsi ini adalah dengan apabila mencocokkan antara data yang dipilih dengan data table yang ada, sehingga dapat di dapatkan Output yang sesuai dengan table.
contoh kasus:
pada data Tes Karyawan yang telah dilakukan dimana akan ditampilkan Peringkat, adapun pringkat yang akan ditampilkan adalah dengan mencocakan nama yang sesuai dengan yang dipilih maka akan tampil peringkat yang sesuai.
untuk lebih mudahnya sobat dapat mempelajarinya dengan contoh dibawah ini :
pada contoh yang di paparkan maka ada 2 table yang berbeda yaitu tabel DAFTAR PERINGKAT CALON KARYAWAN dan dengan table Pilihan Nama yang nantinya akan di keluarkan hasil dari peringkat.
pada Rumus MATCH memiliki Format "=MATCH(Pilih yang akan dicocokkan,Pilih table ,type yang cocok ) dari contoh diatas maka sobat akan di berikan penjelasan rumus dengan ,Cocokkan data bernilai Nama ( ingat nama ini harus unik/tidak ada nama yang sama persis, dengan data table DAFTAR PERINGKAT CALON KARYAWAN ambil dari cell pertama hingga seluruhnya , kemudian tentukan Match_Type, pada Match Type ada 3 pilihan yang dapat sobat pilih diantaranya : 
1= Less Then yaitu pilihan lebih kecil dari pada biasanya digunakan pada Angka/numerik
0= Exact Match yaitu type yang digunakan benar-benar sama 
-1 = Greater Then yaitu type pilihan lebih besar dari, dan biasanya digunakan juga pada Angka /Numerik


 dari contoh diatas sobat dapat mengetahui berapakah posisi/Peringkat dari "DENI" ? yes benar, DENI berada pada peringkat ke 9,

Gimana sobat , mudah bukan , jika bermanfaat share ya sobat..


Tidak ada komentar