Weather (state,county)

Breaking News

CARA MUDAH MENGGUNAKAN FUNGSI LOOKUP PADA EXCEL

Sobat bloger ...setelah bersibuk ria dengan akhir bulan , akhirnya komtipstrik.blogspot.com hadir lagi menyapa sobat blogger di awal bulan februari ini , sobat bloger kali ini kita akan mempelajari CARA MUDAH MENGGUNAKAN FUNGSI LOOKUP PADA EXCEL, sebelum kita melangkah lebih jauh mari kita lihat ilustrasi berikut agar kita dapat memahami apa itu LOOKUP pada excel.

saat sobat memiliki data yang besar dan dimana data itu hampir sama antara table satu dengan table lainnya dan sobat akan menggabungkan menjadi satu table atau memanggil dari table 1 ke table 2 , maka sobat pastinya cara yang terpikir adalah dengan melakukan Copy-paste, jika data table hanya puluhan itu mudah , tetapi bayangkan jika data sudah ratusan, atau bahkan ribuan pastinya sobat akan membutuhkan waktu yang cukup lama bukan untuk menggabungkan data table tersebut, sebagai contoh kecil misalkan kita memilki data siswa di sekolah tentunya akan memiliki ratusan siswa bukan.
misalkan kita akan melakukan tes pada siswa dimana test ini akan mengambil hasil dengan menggunakan no tes, bayangkan sobat jika sobat melihat / memilih hasil tes nya dengan manual , dengan mencocokkan satu persatu, jika ada ribuan tes yang akan dilihat maka butuh waktu dan banyak orang untuk memilih mana yang sesuai dengan hasil.
dengan fungsi LOOKUP maka sobat dapat melihat hasil dari tes dengan cepat hanya menentukan NO TES nya saja, bagaimana itu dapat dilakukan ?
LOOKUP adalah fungsi menampilkan hasil pencarian data yang terdapat pada lebih dari satu table data.
dengan menggunakan fungsi LOOKUP ini sobat dapat mempelajarinya dengan mudah pada contoh berikut : 
tempatkan No Tes pada kolom C
Gimana sobat, dengan contoh diatas apakah sobat dapat mengetahui kesan umum pada EA910 pada table 2 ? yes benar , maka akan muncul "Potensial" 

mudahkan sobat, jika ada pertanyaan silahkan di comment dan juga Share ya sobat....

Tidak ada komentar