Weather (state,county)

Breaking News

CARA MUDAH MENGGUNAKAN FUNGSI FIND DI EXCEL

Sobat bloger tentunya tidak asing dengan penggunaan kata "Find" (Cari/Temukan) pada istilah Komputer, yes benar , kata FIND sering kita gunakan untuk mengetahui dimana letak suatu barang/benda/kata/file itu berada, layaknya pada "Windows" dapat kita temukan dengan klik start -- Search, atau pada explorer dengan menekan Short Cut Keyboar Ctrl+F maka Kursor akan mengarah ke Coloms Search,


dan yang paling sering kita gunakan adalah pada Microsoft adalah dengan short Cut CTRL+F ini akan muncul Dialog Box baru untuk menentukan apa yang akan sobat Cari.


nah setelah kita memahami cara kerja dari FIND atau SEARCH ata istilah lainnya maka yang akan kita jabarkan disini adalah Fungsi lain dari FIND dalam microsoft Excel , memang fungsi dasarnya adalah mencari tetapi kita kan sedikit berimprovisasi yang kita cari nantinya adalah lokasi atau karakter Huruf dalam Cell itu berada di urutan Karakter ke berapa , apakah sobat dapat gambarannya ?
oke , contoh sederhananya begini , dalam 1 cell Excel ada kata " RUMAH " Tanpa tanda Petik dua Huruf "A" ada pada urutan keberapa kah ?
yes benar, Huruf "A" ada pada karakter ke 4 pada kata "RUMAH".
Hal ini dapat kita tuangkan kedalam RUMUS sehingga nantinya tidak melakukan hitungan secara manual


FUNGSI ini dipanggil dalam Microsoft Excel adalah Fungsi FIND, yaitu Fungsi yang mengetahui posisi suatu karakter pada teks tertentu.
Rumus yang digunakan juga standar yaitu : =FIND("Tentukan huruf yang akan dicari","Pilih Cell target pencairan" )
secara sederhana rumusnya =FIND(X,Y,Z)

Contoh dibawah ini akan menggabarkan bagaimana fungsi ini akan bekerja.
komtipstrik.blogspot.com
Penjelasan Contoh nomor 1 pada Data JAKARTA , Huruf R pada JAKARTA adalah berada di karakter ke 5 maka hasil dari Rumus  =FIND("R",C6) nantinya adalah 5


sangat mudah kan sobat, semoga bermanfaat dan selamat mencoba, Share jika berguna agar yang lainnya juga paham ,  " INDAHNYA BERBAGI"

Tidak ada komentar